loading...

Pengertian Dan Jenis-jenis Narkoba

Narkoba - Apa itu Narkoba? Narkoba atau Narkotika adalah bahan kimia baik sintetik ataupun organik yang dapat merusak kerja saraf. Pengertian Narkoba oleh Kementerian Kesehatan diartikan sebagai NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif). Narkoba dapat menyebabkan ketagihan, terganggunya bagian saraf dan atau mampu tidak sadarkan diri.

Pengertian Narkotika secara umum adalah obat-obatan yang mampu membius. Dengan kata lain, Narkotika adalah obat-obatan yang mampu mengganggu sistem kerja saraf tubuh untuk tidak merasakan sakit atau rangsangan. Contohnya adalah Opium dan lainnya.

Psikotropika adalah Narkoba yang tidak mengandung Narkotik, yaitu yang tidak hilang rasa sakit, akan tetapi memberikan efek ketagihan dan terganggunya saraf tapi bukan pada bagian rasa sakit. Narkoba jenis ini mampu mengubah mental dan tingkah laku penggunanya. Contohnya adalah ekstasi, shabu-shabu dll.

Selain Narkotika dan Psikotropika ada juga Zat Adiktif. Akan tetapi, zat adiktif tidak memiliki regulasi yang kuat, karena tidak menyebabkan gangguan terhadap saraf, akan tetapi menstimulasi pengguna (tergantung zat adiktif yang di konsumsi). Contohnya adalah cafein yang mampu menstimulasi saraf untuk lebih aktif bekerja.

Adapun Jenis-jenis Narkoba diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ganja

2. Kokain

3. Ekstasi

4. Metadon

5. Morfin

6. Shabu-shabu

Diatas hanya beberapa contoh jenis Narkoba, dan tentu saja harus kita hindari sejauh mungkin, agar terhindar dari segala resiko dan juga kematian. Tetaplah teguh dengan slogan "Say No To Drugs".
Demikian artikel saya tentang Pengertian Dan Jenis-jenis Narkoba. Jangan lupa baca juga "Bahaya Penyalahgunaan Narkoba"
Share this article :
+
Previous
Next Post »
loading...
0 Komentar untuk "Pengertian Dan Jenis-jenis Narkoba"

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak !!!

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top