loading...

Mati Suri Menurut Islam

Islami - Mati suri merupakan sebuah fenomena yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita.
Mati suri adalah kejadian dimana orang yang sudah mati dapat hidup kembali. Hal itu memang diluar logika kita sebagai manusia, hampir tidak dapat dipercaya. Bagaimana mungkin, orang yang sudah di vonis mati dapat hidup kembali.

Bagaimana Islam menanggapi fenomena mati suri? Berikut penjelasannya...


Antara Tidur - Mati Suri - Mati

Tiga point diatas kemungkinan kita pernah melihat atau mendengarnya, dan khusus untuk tidur SP yakin semua pasti pernah merasakannya. Kalau mati SP rasa belum, karena bagaimana bisa orang mati masih baca artikel ini..... Pada artikel ini kita coba bahas tentang Mati suri. Agar sobat tidak jenuh membacanya kita bahas melalui cerita :

Seorang anak yang telah lama sakit dan dinyatakan telah meninggal oleh pihak rumah sakit. Oleh sebab itu, pihak keluarga sesuai sunnah untuk segera menguburkan jenazahnya :

Dari Abu hurairah RA dari Nabi Muhammad SAW.
Beliau Rasulullah bersabda : "Segerakanlah jenazah! jika dia seorang yang shalih, maka kepada kebaikanlah kalian membawanya, sedangkan kalau dia tidak seperti itu, maka keburukanlah yang kalian letakan di pundak kalian." (Shahih Al Bukhari, kitab Al-Janaaiz, bab menyegerakan jenazah no 1315 dan Muslim dalam kitab Al-Janaaiz).

Namun, sebelum jenazah tersebut dimakamkan, Bapaknya masih sempat menelepon pamannya, segera pamannya menerima telepon tersebut dan si paman melarang proses persemayaman jenazah sebelum ia tiba di rumah.

Alhamdulillah, setiba dirumah jenazah belum diproses, walaupun keluarga semua telah berkumpul dan berduka.

Setelah si paman mengecek mayat, disampaikanlah kepada seluruh keluarga bahwa anak ini belum meninggal. Semua tidak percaya, namun berkat komunikasi yang baik dalam menyampaikan, akhirnya keluarga mengikuti pesan si paman untuk tetap dan menganggap anak ini masih sakit.

Setelah 3 hari......anak itu terbangun dalam keadaan sehat.

Tahukah sobat? kira-kira apa yang akan terjadi bila anak ini dikebumikan?? Pada saat dia terbangun dan mendapati dirinya didalam kubur?

Teriakpun tak berguna....menendang-nendang papan kubur, malah tanah makin menjepit......Dan dipastikan pada saat itu hanya ada TANGISAN.....bagaimana bila anak itu adalah sobat?

Allah SWT berfirman :
"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati diwaktu tidurnya; Maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya hal yang demikian itu terdapat tand-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir." (QS. Az-Zumar : 42).

Pada Firman Allah diatas "Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan" Inilah yang dikatakan tidur atau Mati Suri menurut tafsir para ulama.

Dari kisah diatas, terungkap yang mengalami mati suri tidak banyak. Namun, banyak sekali yang fatal terkubur hidup-hidup.

Menurut beberapa ulama, azab kubur adalah orang yang dimatikan oleh Allah, yang biasa kita sebut mati suri....Astagfirullah......
2 Faktor penyebab yang mati suri yang sering terjadi:
1. Allah mengazab orang tersebut
2. Ilmu hitam atau teluh dan lain-lain

Nah, sekarang bagaimana cara mengetahui seseorang mati beneran atau mati suri ????

Yang paling umum diketahui adalah mengecek urat nadi dan kalau Rumah Sakit biasanya menggunakan alat Elektrokardiograf (EKG). Namun bisa dengan cara lain, yaitu : Menekan PUSAR orang tersebut. Bila berdenyut, maka orang tersebut mengalami mati suri", dan perlu penanganan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Wallahua'lam.....
Itulah sedikit informasi tentang Mati Suri Menurut Islam, semoga bisa bermanfaat dan menjadikan kita supaya lebih baik lagi. Terimakasih.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
loading...
0 Komentar untuk "Mati Suri Menurut Islam"

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak !!!

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top