loading...

10 Bunga Paling Jarang Di Dunia

Menurut para peneliti, ada lebih dari 270.000 macam bunga ada di bumi kita. Dari semua ragamnya, ada 10 macam bunga yang sangat jarang kita jumpai. Bunga apa sajakah itu?
Berikut 10 bunga paling jarang di dunia.

1. Bunga Bangkai


Bunga bangkai (Amorphophallus titanum) merupakan bunga khas Indonesia. Tingginya bisa mencapai 180 cm dan diameter 90 cm. Bentuk bunga bangkai yang unik seolah dari jaman prehistoric. Kabarnya, bunya ini paling besar di dunia. Dengan bau yang sangat menyengat seperti bau bangkai, membuatnya disebut 'bunga bangkai'. Masa berkembangnya sangat jarang, kalaupun mekar hanya bertahan seminggu saja.

2. Youtan Poluo


Sebenarnya bunga ini masih misteri, alias harus di teliti lebih lanjut. Karena belum ada sebutannya secara ilmiah (latin). Tampaknya, habitat youtan ada di China. Seorang petani China, Ding menemukan tanaman aneh yang tumbuh di saluran pipa besi. Demikian juga seseorang bernama Lushan, melihat ada tumbuhan tumbuh di mesin cuci miliknya. Konon, bunga ini hanya mekar sekali dalam 300 tahun.

3, Yellow And Purple Lady Slippers


Namanya cantik ya! Bunga bernama latin Cypripedium Calceolus ini merupakan jenis anggrek yang sangat langka. Tumbuhnya di daratan eropa, tapi susah sekali di temui. Ada satu yang tumbuh di sebuah lapangan golf di Inggris. Begitu langkanya, sehingga sekeliling area bunga tersebut di bawah pengawasan kepolisian sejak 1917. Tujuannya agar tidak ada orang yang mengambilnya, dan jangan sampai ada bola golf yang nyasar. Bagi yang ketahuan melanggar di kenakan denda $5000 US.

4. Ghost Orchid


Jenis anggrek langka lainnya adalah Ghost Orchid (Epipogium aphyllum/Dendrophylax lindenii). Anggrek yang satu ini tidak berdaun, artinya tidak menggunakan proses fotosintesis.Untuk itu membutuhkan jamur tertentu agar bisa diserap akar untuk menyerap makanan.

Ghost Orchid dapat ditemui di hutan Kuba, dan varietas lainnya ada di Florida. Mekar antara Juni - Agustus, tumbuh rendah dekat permukaan tanah dan munculnya tiba-tiba seolah mengapung di batang pohon. Karena itulah di sebut Anggrek Ghost Orchid (hantu).

5. Kadupul Flower


Kadupul Flower dengan nama latin Epiphyllum oxypetalum berasal dari Sri Lanka dan memiliki makna rohani bagi umat Budha. Mekarnya hanya pada saat malam dan layu saat fajar datang.
6. Koki'o


Sekarang kita Hawaii, disana ada satu bunga unik yakni Koki'o atau Kokai Cookei. Ditemukan sejak 1860, bunga ini susah di kembang biakkan, sehingga ada kabar sudah punah tahun 1950.

20 tahun kemudian, dikabarkan ada bunga Koki'o yang masih hidup. Tapi sayangnya ada kebakaran di tahun 1978 yang menghancurkan populasi pohon Koki'o setinggi 10-11 meter ini. Untungnya, ada yang masih bisa diselamatkan, dan sekarang disebarkan ke 23 tempat terpisah di Hawaii.

7. Chocolate Cosmos


Chocolate Cosmos, bunga asli Meksiko yang telah punah di alam liar selama lebih dari 100 tahun. Namun, species ini bertahan sebagai  klon tunggal yang disterilkan pada tahun 1902. Bunganya berwarna coklat tua dengan diameter sekitar 3-4 cm. Seperti namanya, Chocolate Cosmos memancarkan aroma vanili di musim panas.

8. Parrot's Beak


Parrot's Beak di klasifikasikan sebagai bunga yang sangat langka sejak 1884, dan di yakini telah punah di alam liar, meskipun beberapa orang percaya mungkin masih hidup. Tanaman ini berasal dari kepulauan Canary. Pada tahun 2008, percobaan telah dilakukan untuk melihat apakah bunga bernama latin Lotus berthelotii ini bisa menemukan penyerbuk baru. Namun, kabarnya belum berhasil.

9. The Jade Vine


The Jade Vine (Strongylodon macrobotrys) warnanya menarik, biru hijau seperti cakar berbentuk bunga (seperti jantung pisang). Bunga ini di serbuki oleh kelelawar yang menggantung terbalik sambil minum nektar. Bunga ini sekarang semakin langka, hampir tidak terlihat lagi di alam liar dan di yakini terancam oleh deforestasi di Filipina.

10. Campion


Campion atau nama ilmiahnya Silene tomentosa, hanya ditemukan di Gibraltar. Campion pernah dianggap punah oleh komunitas ilmiah pada tahun 1992, ketika semua jejak tanaman lenyap. Kemudian pada tahun 1994, sebuah spesimen tunggal tunggal di temukan oleh seorang pendaki di tebing tinggi Gibraltar.

Penemuan ini segera di kembangbiakkan di Bank Benih Milenium (proyek konservasi tumbuhan di dunia) dan sekarang tumbuh di Gabraltar Botanic Gardens Almeda serta  di Royal Botanic Gardens, London.

Itulah 10 bunga paling jarang di dunia. Semoga dapat menambah pengetahuan sobat semua.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
loading...
0 Komentar untuk "10 Bunga Paling Jarang Di Dunia"

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak !!!

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top