loading...

10 Tempat Terunik Dan Teraneh Di Dunia

Bumi dimana kita hidup, memiliki tempat yang sangat luar biasa. Baik itu keunikan maupun keanehannya, bisa membuat kita semua takjub. Dari sekian banyak tempat yang memiliki keunikan maupun keanehan tersebut, telah dirangkum dalam 10 Tempat Terunik Dan Teraneh Di Dunia.

1. The Door To Hell, Turkmenistan


Tempat ini mungkin sudah banyak yang tahu, atau pernah membaca beritanya. Mungkin memang pantas, kalau fenomena alam yang terjadi di Turkmenistan ini orang menyebutnya "Pintu Neraka", karena di kawah selebar 70 meter itu keluar api yang terus menerus. Berawal pada tahun 1971, dimana geolog member kawasan itu mencari tambang gas. Yang terjadi kemudian adalah semburan api dari bawah yang terus menerus, bahkan sempat menelan semua peralatan mereka. Para geolog ini tidak ada yang berani turun kedalam kawah tersebut. You can see it on Google Earth at 40°15'8"N 58°26'23"E.

2. Mount Roraima, Venezuela, Brazil and Guyan


Mount Roraima merupakan tempat yang luar biasa indah. Gunung batu ini berbentuk unik, karena seperti meja berada di atas awan. Tingginya sekitar 400 meter, satu-satunya cara untuk mencapai puncak adalah dengan melalui jalur tangga yang sudah disediakan oleh pemerintah Venezuela. Cara lain yang tidak disarankan adalah memanjat seperti yang dilakukan oleh para pemanjat tebing. Disana hujan hampir turun setiap hari, menghanyutkan tanaman-tanaman menjalar yang berada diatasnya. Walhasil, atas gunung tersebut menjadi unik, karena bersih dari apapun.......seperti meja kosong.

3. Meteor Crater, USA


Meteor Crater adalah kawah yang terbentuk akibat jatuhnya meteorit. Letaknya sekitar 43 mil (69 km) sebelah timur Flagstaff dekat Winslow di gurun utara Arizona, Amerika Serikat. Tempat itu di sebut Meteor Crater karena letaknya yang dekat dengan nama kantor post. Kawah meteor ini, konon terbentuk sejak 50.000 tahun lalu pada zaman  Pleistocene, ketika iklim setempat menjadi lebih sejuk dan basah. Pada saat itu, disana merupakan padang rumput yang luas serta hutan yang di huni oleh wol mammoths, kukang tumbuk raksasa, dan unta. Mungkin kawasan itu belum dihuni manusia. Meteor yang jatuh itu mengandung nikel dan membuat kawah seluas 50 meter.

4. Dune Of  Pilat, France


Yang kita tahu, Eropa tidak mempunyai gurun. Tapi anggapan ini salah, Eropa memiliki bukit pasir unik, yakni Pilat. Panjangnya 3 km, lebar 500 m dan tinggi 100 m. Bukit pasir ini sangat curam, sebagiannya menghadap ke hutan. Tempat ini terkenal karena menjadi tempat aktivitas paragliding. Selain keunikan bukit pasir itu, yang juga menakjubkan adalah pemandangan sekitarnya. Dimana dari ketinggian, kita bisa melihat laut dan hutan. Karena letaknya yang lebih tinggi dari hutan, maka kita bisa melihat semuanya.

5.Socotra, Republic of Yemen


Socotra merupakan tempat paling unik sekaligus paling aneh di dunia. Nyaris semua yang ada disana terlihat aneh, mulai dari bentuk pohon maupun lingkungannya, tidak heran banyak yang menyebut Socotra yang berada di Republik Yemen ini sebagai sarang Alien di dunia. Tempatnya sangat terisolir, iklim kering lain daripada yang lain, mungkin ini yang menyebabkan kehidupan tanaman maupun benda apapun disana tumbuh aneh. Sebut saja tanaman terkenal seperti Dragon's Blood Tree yang aneh, bentuknya sangat tidak umum terlihat seperti payung, pohon ini memproduksi getah berwarna merah. Disana juga ada binatang-binatang seperti burung, laba-laba dan binatang lainnya. Belum lagi bebatuan dan juga karang yang bentuknya tidak umum dan hanya ada di pulau itu. Dengan segala keanehan isi pulau itu, tidak heran kalau Socotra masuk dalam warisan peninggalan dunia.
6. 83-42, Greenland


Aneh dan unik. Tapi 83-42 dipercaya merupakan satu-satunya bidang tanah yang ada dibagian utara. Memang hanya 'secuil' ukurannya kira-kira 35 m X 15 m dan tinggi 4 m, kalau dilihat dari atas ibarat setitik tanah yang di kelilingi pecahan-pecahan es. Unik! Ketika kutub utara tertutup es, namun tanah ini tidak. Keunikan ini sekaligus menumbangkan rekor sebelumnya yakni ATOW 1996. Keunikan 83-42 ini ditemukan pada tahun 1998.

7. Rotorua, New Zealand


Rotorua adalah kota di tepi laut selatan, danau dengan nama yang sama. Tepatnya di teluk Plenty, pulau utara dari New Zealand. Keunikan dari kawasan itu adalah banyaknya kolam-kolam sumber air panas, khususnya Pohutu Geyser di Whakarewarewa, dan lumpur-lumpur mendidih. Kawasan itu begitu unik dan menarik sehingga banyak di kunjungi wisatawan.

8. Don Juan Pond, Antartika


Tempat manakah yang paling tinggi kandungan garamnya? pasti orang akan menjawabnya Laut Mati. Laut Mati memang terkenal di dunia karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Berdasarkan penelitian, air laut dengan kandungan garam tinggi bisa dibuat untuk terapi kesehatan. Tidak heran kalau disekitar LAut Mati banyak dibangun spa-spa untuk terapi, khususnya terapi untuk kesehatan dan kecantikan. Namun ternyata, Laut Mati bukanlah yang terasin di dunia. Justru di Antartikalah, tepatnya Don Juan Pond yang merupakan danau dengan kandungan garam tertinggi di dunia. Perbandingannya, Don Juan Pond 18 kali lebih asin daripada air laut biasa dan 8 kali lebih asin dibandingkan dengan air Laut Mati.

Lokasi ini ditemukan oleh Lt. Don Roe dan Lt. John Hickey pada tahun 1961, saat keduanya melakukan penelitian di Antartika. Nama Don Juan Pond juga diberikan oleh kedua peneliti tersebut. Suhu di kolam itu, seperti umumnya di Antartika cukup rendah, dengan titik terendah bisa mencapai -30° C, namun tidak pernah sampai membeku seperti tempat lain di Antartika.

9. Iceberg B-15, Antartika


Iceberg B-15 merupakan gunung es terbesar yang tercatat dalam sejarah. Luasnya mencapai 3.100 km, membuatnya lebih besar dari pulau Jamaika. Gunung es raksasa ini terjadi karena patahan Ross Ice Shelf pada Maret 2000, lalu pada tahun 2003 gunung es B-15 kembali terpecah menjadi beberapa potong dan salah satunya yang terbesar disebut B-15a hanyut ke utara, akhirnya hancur ke dalam gletser pada 2005, menyisakan patahan sepanjang 8 km. Hal ini telah membuat perubahan besar pada peta Antartika dan menuntut peta harus direvisi.

Sebagian hanyut ke sepanjang pantai yang akhirnya kandas pada 2006. Angin topan di Alaska, menyebabkan gelombang lautan yang melintas hingga 13.500 km selama 6 hari ke Antartika dan memisahkan pecahan-pecahan sisa menjadi semakin banyak. Setelah hampir satu Dasawarsa, bagian gunung-gunung es itu masih belum cair seluruhnya, bagian terbesar masih dianggap sebagai B-15a dengan luas bidang mencapai 1.700 km.

10. Guaira Falls, Brazil - Paraguay Border


Kebanyakan orang menganggap air terjun Niagara adalah yang terbesar di dunia, padahal Guaira Falls lah yang terbesar di dunia dengan volume air yang mencapai rata-rata 1.750.000 kubik/detik bandingkan dengan Niagara Falls hanya hanya 70.000 kubik/detik. Sumber Guaira Falls terletak di perbatasan antara Brazil dan Paraguay adalah sungai Parana. Tahun 1982, pada air terjun Guaira ini dibangun bendungan untuk pembangkit listrik dengan nama Itaipu Dam yang sekarang menjadi bendungan terbesar kedua penghasil listrik terbesar di dunia setelah Gorges Dam. Itaipu Dam menyuplai 90 persen listrik ke Paraguay dan 19 persen ke Brazil juga ke Rio de Janeiro dan Sao Paulo.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
loading...
0 Komentar untuk "10 Tempat Terunik Dan Teraneh Di Dunia"

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak !!!

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top