loading...

10 Masjid Paling Terindah Di Dunia

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim, bahkan di beberapa negara masjid pun dijadikan sebagai tujuan wisata religi. keindahan serta kemegahan menjadi salah satu daya tarik bagi sebuah masjid. Namun bila dikembalikan kepada fungsinya, keindahan dan kemegahan sebuah masjid tidak dapat dijadikan ukuran ideal untuk sebuah masjid. Berikut 10 Masjid Paling Terindah Di Dunia.

1. Masjidil Haram, Mekah (Arab Saudi)


Masjidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia, mencakup area seluas 400.000 meter persegi serta dapat menampung hingga 4 juta jama'ah, terletak di kota Mekah. Masjidil Haram mengelilingi Ka'bah, arah orang muslim menghadap diwaktu shalat sehari-hari dan dianggap tempat tersuci di muka bumi oleh umat muslim. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Agung.

2. Masjid An-Nabawi, Madinah (Arab Saudi)


Masjid An-Nabawi, sering juga disebut sebagai Masjid Nabi. Salah satu alasannya adalah karena masjid ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Nabi Muhammad SAW. Selain disebut sebagai Masjid Nabi, masjid ini juga dianggap masjid paling suci kedua bagi umat Islam.

Salah satu yang paling terkenal dari masjid ini adalah kubah hijau yang ada di tengah-tengah masjid, tempat makan Nabi Muhammad SAW berada. Bangunan asli dari masjid ini adalah bangunan yang terbuka. Selain tempat ibadah, masjid ini juga berfungsi sebagai tempat kegiatan masyarakat, pengadilan serta sebuah sekolah agama.

3. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh (Indonesia)


Masjid yang terletak di Aceh ini, dulunya merupakan Masjid Kesultanan. Nama Masjid Raya Baiturrahman ini berasal dari nama Masjid Raya yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Dilihat dari sejarah, Masjid Raya Baiturrahman ini mempunyai nilai yang tinggi bagi rakyat Aceh. Karena, sejak Sultan Iskandar Muda hingga sekarang, masjid masih berdiri kokoh dan megah di tengah jantung kota Banda Aceh. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan, masjid ini juga menjadi salah satu objek wisata religi di Aceh.

4. Masjid Muhammad Ali Pasha, Kairo (Mesir)


Masjid Muhammad Ali Pasha atau dikenal dengan nama  Masjid Alabaster merupakan sebuah Masjid yang terletak didalam benteng Kairo di Mesir. Sesuai namanya, Masjid ini dibangun atas perintah Muhammad Ali Pasha antara tahun 1830 dan 1848.

Terletak di puncak benteng, Masjid Utsmani ini dibangun dengan siluet animasi dan dua menara kembar merupakan masjid yang paling terlihat dan terkenal di Kairo. Masjid ini dibangun untuk mengenang Tusun Pasha putra tertua Muhammad Ali Pasha yang meninggal pada tahun 1816. Bersama dengan benteng, masjid ini juga dijadikan salah satu landmark dan tujuan wisata di Kairo juga merupakan salah satu fitur pertama yang akan terlihat ketika mendekati kota dari sisi manapun.

5. Kuala Masjid Jamek, Kuala Lumpur (Malaysia)


Kuala Masjid Jamek dibangun pada tahun 1909, dan merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur. Terletak di pertemuan sungai Klang dan sungai Gombak tempat asal muasal kota Kuala Lumpur. Bangunan masjid terinspirasi dari seni bangunan Mogul, bagian utara India.

6. Great Mosque Of Xi'an, Provinsi Shaanxi (China)


Masjid ini terletak di dekat Drum Tower, Provinsi Shaanxi, China. Desain masjid ini sangat kontras, tidak seperti masjid lainnya yang terdiri dari kubah-kubah. masjid ini malah seperti kuil di China. Masjid ini juga termasuk masjid tertua di dunia yang sudah ada sejak tahun 742.

7. Masjid Taj-UI (India)


Masjid Taj-UI berarti "Mahkota Para Masjid". Konstruksi Masjid Taj - UI dimulai oleh Sultan Shah Jahan, pemimpin Bhopal. Pembangunan masjid ini sempat terhenti karena alasan dana, hingga pada tahun 1971, pembangunan dimulai kembali.

8. Masjid Faisal, Islamabad (Pakistan)


Masjid Faisal terletak disebelah utara kota Islamabad serta merupakan masjid paling besar di Pakistan, bahkan se-Asia selatan. Dengan bentuk bangunan yang unik, membuat masjid ini masuk dalam masjid terindah di dunia.

Masjid ini berbentuk layaknya sebuah tenda dengan bentuk kubah yang tidak sama dibandingkan dengan masjid lain pada umumnya. Keindahan masjid ini pernah disinggung dalam novel karya Khaled Hosseini yang berjudul "The Kit Runner".

9. Masjid Sultan Ahmed, Istambul (Turki)


Masjid Sultan Ahmed dibangun antara tahun 1609 dan 1616 M, selama pemerintahan Sultan Ahmed 1. Masjid ini merupakan masjid nasional Turki dan merupakan masjid bersejarah di Istambul. Masjid ini lebih terkenal dengan sebutan Masjid Biru, karena keramik biru yang menghiasi dinding dan interiornya.

10. Masjid Badshashi, Lahore (Pakistan)


Bila Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di Pakistan, maka urutan keduanya dipegang oleh Masjid Badshashi. Keagungan era Mugal, membuat bangunan ini masuk dalam salah satu masjid terindah di dunia.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
loading...
1 Komentar untuk "10 Masjid Paling Terindah Di Dunia"

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak !!!

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top